Selasa, 30 Juli 2013

Andai Aku Jadi Presiden

Telah kita ketahui bersama bahwa pendidikan merupakan unsur paling utama yang patut dipandang dan diperhatikan oleh setiap negara dibelahan dunia bagian manapun. Mengapa??? Karena pendidikan merupakan salah satu unsur pemberi pengaruh yang sungguh luar biasa terhadap kemajuan suatu bangsa dan negara. Ruang lingkup pendidikan tidak terpaku pada beberapa kalangan saja, tetapi mencakup seluruh kalangan, dari mulai generasi muda selaku generasi penerus bangsa hingga generasi tua selaku suri tauladan bangsa. Itulah bukti nyata akan luar biasanya makna pendidikan. Pendidikan tak pernah kenal batas, pendidikan tak pernah kenal waktu, pendidikan tak pernah mendiskriminasi siapapun. Di negara kita yaitu negara Indonesia, pendidikan telah ditetapkan dan diatur di dalam perundang-undangan, yang terdapat pada Pasal 31 Ayat 1 yang menyatakan bahwa “Setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan”.
Namun sungguh amat disayangkan, pernyataan yang terdapat pada ayat tersebut faktanya belum terealisasikan sepenuhnya, masih banyak warga negara Indonesia yang belum mendapatkan haknya atas pendidikan, terutama anak-anak yang berasal dari kalangan menengah ke bawah. Dilatarbelakangi oleh kemirisan perkembangan dunia pendidikan di negara kita ini, negara yang ka.. ta.. nya.. memiliki kekayaan alam yang melimpah, warisan seni dan budaya yang tak kunjung surut, semangat persatuan dan kesatuan yang kian berkobar, kurasa tak akan pernah abadi tanpa dilandasi oleh kecerdasan akan pentingnya peranan pendidikan dari sumber daya manusia bangsa dan negara kita sendiri.
Andai aku jadi presiden, pendidikan akan ku jadikan unsur primer yang harus tertanam dalam jiwa raga bangsa dan negaraku. Pendidikan agama, pendidikan ilmu  pengetahuan serta pendidikan karakter, ketiganya wajib untuk diajarkan oleh para pendidik baik itu pada pendidikan formal, non-formal, dan informal. Guna memaksimalkan dan menyeimbangkan kecerdasan intelektual, kecerdasan spiritual, dan kecerdasan emosional dari warga negaraku. Karena, jika saja ketiga aspek kecerdasan tersebut tidak seimbang, maka hasilnya akan timpang, dan calon generasi penerus bangsa ini pun akan rusak. Sebagai contoh, negara kita negara Indonesia kini telah diberi predikat sebagai negara terkorup ke-5 di dunia. Banyak orang yang mempertanyakan “Mengapa hal tersebut dapat terjadi?”, jawaban yang paling tepat dari pertanyaan ini ialah “Orang-orang Indonesia memang cerdas, akan tetapi kecerdasan yang mereka miliki, mayoritas hanya tinggi pada tingkat kecerdasan intelektualnya saja tanpa pernah diimbangi oleh kecerdasan emosional dan spiritualnya.”
Seketika air mataku memberontak untuk jatuh, keluar, kemudian berderai membasahi wajah yang kian tenggelam dalam konsetrasi pembuatan artikel “Andai Aku Jadi Presiden” ini. Teringat akan masa orientasi  studi dan pengenalan kampusku, dimana pada saat itu ada satu momen yang berkesan dan tak terlupakan hingga saat ini, yaitu momen ketika aku harus bercengkrama dan berbagi ilmu dengan anak-anak jalanan yang sedang berjuang mencari uang di sekitar jalanan lampu merah kota. Mereka anak-anak yang cerdas, mereka mampu menulis meski masih tersendat-sendat, mereka mampu membaca meski masih terbata-bata, hanya satu yang amat disesalkan, mereka tak mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Sebagian besar dari mereka telah putus sekolah, bahkan ada yang tak pernah merasakan manisnya duduk di bangku sekolah sama sekali, mereka lebih memilih untuk mencari uang dijalanan ketimbang harus pergi ke sekolah. Terkadang mereka seakan tak sadar bahwa pendidikan merupakan unsur terpenting dalam keberlangsungan hidup mereka, hal itu dikarenakan oleh desakan kerasnya kemajuan zaman serta pesatnya perkembangan ekonomi di era globalisasi ini yang menuntut mereka untuk turun kejalanan, sehingga merekalah yang menjadi korban, yang berjuang demi memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga mereka lantas mengesampingkan pendidikan. Ingin rasanya aku berlari kemudian berteriak sekencang-kencangnya, sembari berkata “Dimana kepedulian kalian terhadap mereka?!! Kalian bersantai-santai di dalam rumah yang nyaman, sementara mereka berjalan beriringan dijalanan. Tak pernahkah terbesit di benak kalian??? Mereka ini adalah bibit-bibit unggul yang kelak akan menghasilkan buah yang berkualitas bagi kita, bangsa Indonesia. Tolonglah mereka, tolonglah para generasi penerus bangsa. Kepada para wakil rakyat, pembangunan bangsa dan negara tendensinya memang dari berbagai sektor, baik itu sektor perekonomian, perindustrian, pariwisata, dan sektor-sektor lainnya. Akan tetapi hanya satu yang mampu menjadi payung seluruh sektor tersebut, yaitu pendidikan. Maka dari itu fokuskanlah perhatian kalian untuk dunia pendidikan, seperti halnya negara-negara pendahulu kita dalam hal kemajuan, yaitu Jepang, Jerman, Amerika, dan masih banyak negara-negara lainnya. Marilah bersama-sama kita benahi segala hal yang berkaitan dengan dunia pendidikan bagi bangsa ini! Karena ku yakin, setelah kita mencapai kemajuan dalam dunia pendidikan, sejatinya akan disusul oleh kemajuan dari seluruh sektor.”
Maaf, aku seakan keluar dari jalur awal artikelku, sedikit bercerita tentu bukan hal yang tabu kan? Setelah ingatan akan momen itu berakhir, dahiku berkernyit, dan terlintaslah dalam benakku, andai aku jadi presiden, akan ku alokasikan sebagian besar dana APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) untuk dunia pendidikan. Akan ku bangun sekolah formal dan non formal untuk anak-anak jalanan. Akan ku benahi dan ku fasilitasi sekolah-sekolah di Indonesia, terutama untuk wilayah terdepan dan terluar Indonesia yang sering tertinggal bahkan terlupakan. Akan ku wujudkan mimpi-mimpi kecil mereka, keinginan mereka untuk belajar di sekolah yang layak dengan pendidik yang tentunya pantang menyerah dalam mendidik, memotivasi dan membimbing mereka demi mewujudkan mimpi-mimpi kecil mereka hingga menuai pengaruh yang besar bagi keberlangsungan dan kemajuan bangsa dan negara Indonesia.
Negara yang maju terlahir atas perjuangan dan dedikasi tinggi dari bangsa yang cerdas, bangsa yang cerdas dibentuk oleh negara yang memprimerkan pendidikan untuk bangsanya. Pendidikan agama, pendidikan ilmu pengetahuan, pendidikan karakter, dan satu tambahan, yaitu pendidikan memimpin berdasarkan fluktuatif hati. Demikianlah artikel ini ku tutup dengan padanan kalimat, “Lestarikan budaya dididik dan mendidik, agar kelak menjadi insan sejati nan terdidikHidup Indonesia!!!”
          Backlink:
     http://festiksinjai.blogspot.com/
     http://www.bloggersinjai.or.id/

84 komentar:

  1. pasti nanti artikel Andai Jadi Presidennya bagus, selamat berinspirasi ya. ditunggu kunjungan baliknya di: http://pkndisma.blogspot.com/2013/07/menjadi-presiden-koboy.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks kak utk komen penyemangatnya :D
      Blog walking di artikel kakak done ya :)

      Hapus
  2. keren, keren, boleh juga tuh;;)
    tapi jangan lupa gih, kunjungi dan tinggalin comment di bloggku^^ http://ilmalanadewi.blogspot.com/2013/08/andaiakujadipresiden.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks kak utk komen positifnya :D
      Blog walking di artikel kakak done ya :)

      Hapus
  3. awal membuat indonesia lebih maju. bukan sekedar merdeka secara fisik. keren!

    BalasHapus
  4. pendidikan, aku setuju!!! kita butuh pendidikan yang baik kalau mau maju!!
    visit ya blog ku :D http://beta-timor.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks kak utk komen penyemangatnya :D
      Blog walking di artikel kakak done ya :)

      Hapus
  5. mantap!! knjungi jg http://pelajarepic.blogspot.com/2013/07/design-and-article-writing-contest-dawc.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks kak utk komen positifnya :D
      Blog walking di artikel kakak done ya :)

      Hapus
  6. keren!

    punya ane >>> http://scriptwara.blogspot.com/2013/08/maju-tak-gentar-membela-yang-bayar.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks kak utk komen positifnya :D
      Blog walking di artikel kakak done ya :)

      Hapus
  7. majukan pendidikan Indonesia :) semua anak Indonesia berhak mendapat pendidikan yang layak.
    http://bern33.blogspot.com/2013/08/andaikan-saat-saya-menjadi-Presiden.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Artikel kita sedikit banyak satu pemikiran ya, thanks kak utk komen positifnya :D
      Blog walking di artikel kakak done ya :)

      Hapus
  8. kayak pacaran aja pake hati sis...hakhak
    trims dah kunjungi blog ku di http://study-jaringanku.blogspot.com/2013/08/mimpi-jadi-presiden.html

    sukses ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, iya kak harus, segala hal bila dilakukan tanpa menggunakan hati pasti hasilnya kurang maksimal. Thanks komennya ya kak :D
      Blog walking di artikel kakak done ya :)

      Hapus
  9. Baguuuuus, semangat berinspirasi dan terus kembangkan ide-idenya :)

    BalasHapus
  10. presiden yang mementingkan pendidikan. Bagus.

    Kunjungi balik ya:)

    http://cerahdanmencerahkan.blogspot.com/2013/07/andai-aku-presiden.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju ya kak sm pandangan aku, thanks utk komen positifnya :D
      Blog walking di artikel kakak done ya :)

      Hapus
  11. Salam kenal calon presiden!
    Sukses ya sama kampanyenya hihihi

    Oya, kalo ada waktu, main-main ya ke postingan saya di Tumblr, http://deadlinerdiary.tumblr.com/post/57227809829/presidenmu-itu-aku

    Sayangnya, settingan dari Tumblrnya bikin siapapun nggak bisa ninggalin komen kecuali pemilik Tumblr. Tapi kalo mau ninggalin jejak masih bisa lewat fasilitas 'Ask Me'-nya kok hehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal jg kak, thanks ya utk komen penyemangatnya :D

      Udah blog walking, pas mau komen artikel kakak bingung, fasilitas ask me-nya dimana :(

      Hapus
  12. Wow, nice act :)

    kunjungi balik ya http://ridwanbimaarya.blogspot.com/2013/08/kalau-anda-ingin-hidup-mewah-jangan.html
    blogwalking

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks utk komen positifnya kak :D
      Blog walking di artikel kakak done ya :)

      Hapus
  13. Pendidikan memang harus dibenah, dari segala faktor agar kita memiliki generasi yang bisa diandalkan untuk membangun negeri ini.

    kunjungin balik ya http://rosalindaku.blog.com/2013/07/22/andai-aku-menjadi-presiden/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita satu pandangan juga ternyata kak, thanks utk komen positifnya :D

      Udah blog walking, aku komen di artikel kakak juga udah, tapi komennya ga muncul, kenapa ya? Aku yg bingung atau gimana :(

      Hapus
  14. keren keren :) udah aku follow blognya, follow balik yaaa =) makasih
    http://dhealafitri.blogspot.com/2013/08/andai-jadi-presiden.html?showComment=1376300607306#c4721809378154977614

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks utk komen positifnya :D
      Follow back done yaaa, selamat memulai awal pertemanan di blog :)

      Hapus
  15. Saya sepakat dengan kebijakan di bidang pendidikannya. Sebab titik awal kebangkitan bangsa ada di pendidikannya, layaknya jepang yang mundur ketika di hantam bom atom pada agustus 1945, kemudian menjadi negara maju dalam selang waktu 50 tahun. Bukan tanpa sebab, tapi dari yg saya dapati di artikel, pemerintah jepang mewajibkan guru-guru yang terisa untuk melanjutkan sekolah diluar negeri supaya bisa mengajari warga jepang kelak.
    Nice mbak !

    by the way, terimakasih kunjungannya ke http://mochamadridho.wordpress.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya kak, Jepang memang patut dijadikan panutan bagi bangsa kita, pemerintah Jepang benar-benar memprioritaskan pendidikan utk bangsanya sehingga kini Jepang bisa semakin maju. Setelah baca komen dari kakak jadi inget waktu belajar sejarah dulu di SMA, hihi, thanks ya kak utk komen positfnya :)

      Hapus
  16. Gilaaak, bagus ya artikelnya, kepikiran sampe ke situloh :)
    Semangat membangun negeri yaaa!

    BalasHapus
  17. Betul presiden perlu prioritas di pddkan. Ditunggu komennya di: http://pkndisma.blogspot.com/2013/07/menjadi-presiden-koboy.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks kak utk komen positifnya :)
      Blog walking di artikel kakak done ya :D

      Hapus
  18. Desain blog nya bagus. Artikelnya juga bagus. Oke, langsung aja mampir ke http://alharitsirfan.blogspot.com/2013/07/andai-aku-jadi-presiden.html. Tengkyu :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks utk komen positifnya :D
      Blog walking di artikel kakak done ya :D

      Hapus
  19. Sungguh cita-cita yang luhur, artikelnya tentang pendidikan Ok punya.. :)

    BalasHapus
  20. artikelnya bagus deh kak:)
    blog walking ke blog aku ya kak:)

    http://ikhbal-mylifestory.blogspot.com/2013/08/andai-aku-jadi-presiden-ten-of-golden_5.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks utk komen positifnya :)
      Blog walking di artikel kakak done ya :D

      Hapus
  21. follow balik ya blog aku tika:)

    http://ikhbal-mylifestory.blogspot.com/

    BalasHapus
  22. ya kalau punya uang, ane juga mau sih buat sekolah buat anak jalanan... kunjung juga ke sini... http://garibaldisurf.blogspot.com/2013/07/andai-aku-jadi-presiden.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, harus, mereka jg layak kan utk mendapatkan pendidikan setinggi-tingginya. Thanks utk komen positifnya :)
      Blog walking di artikel kakak done ya :D

      Hapus
  23. Sip. Pendidikan maju, otomatis negara pun mengikuti.
    http://arifabdurahman.com/2013/08/13/jangan-jadikan-saya-presiden/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi intinya tetap follow terus dunia pendidikan ya kak. Thanks utk komen positifnya :)
      Blog walking di artikel kakak done ya :D

      Hapus
  24. Hidup Pendidikan,,,
    thanks ya, udah berkunjung di blog newbie ane yang http://semuapemimpi.blogspot.com/2013/08/andai-aku-jadi-presiden-just-dream.html?showComment=1376455862706#c7443730752365578547 , ane harap yg lain juga bisa mampir ya,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. HIDUUUP!!! Hahaha.
      Iya sama-sama ya kak, thanks jg utk komen positifnya :D

      Hapus
  25. Haha, iya kak, memang demikian realitanya. Thanks utk komen positifnya :)
    Blog walking plus follow blog kakak done ya :D

    BalasHapus
  26. mANTAP,,, TERIMAKASIH SUDAH EMNGUNJUNGI YA.... http://pendidikanumum.blogspot.com/2013/08/andai-aku-jadi-presiden.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Urwel kak, thanks utk komen positifnya jg ya :D

      Hapus
  27. gue juga ikutan ini lomba, tolong di cek+coment ya http://erabeo.blogspot.com/2013/08/andai-aku-jadi-presiden.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat kak :)
      Blog walking di artikel kakak done ya :D

      Hapus
  28. Pendidikan memang harus diletakka paling depan.
    Mampir juga yah . . .
    http://masramdahsyat.blogspot.com/2013/08/andai-masram-sang-presiden.html?showComment=1376474780551#c1643754868669599834

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelum kita melakukan pembenahan di berbagai sektor, pembenahan di sektor Pendidikan dulu yg harus diutamakan, dalam arti lain SDMnya dulu ya, barulah berangkat menuju pembenahan SDA. Thanks utk komennya :D
      Blog walking di artikel kakak done ya :)

      Hapus
  29. semua jalanin pake hati manteb..

    kunjungan balik dr : raloveki.com/2013/08/07/andai-aku-jadi-presiden

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, jika kita ingin medapatkan hasil yg maksimal atas perjuangan kita, tentu diawali oleh niat dan keinginan hati. Thanks kak utk komen positifnya :D
      Blog walking di atikel kakak done ya :)

      Hapus
  30. Kompak nih, pendidikan nomer 1! Sukses terus..!
    blognyapresiden.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin kak, semoga kelak kita mampu bersama-sama memajukan bangsa ya, hidup pendidikan, hidup Indonesia! Thanks utk komen positifnya :D
      Blog walking di artikel kakak done :)

      Hapus
  31. nice idea...
    liat punyaku juga yah... jangan lupa comment http://spiritandkeepsmile.blogspot.com/2013/08/andai-aku-jadi-presiden-akan-kuciptakan.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks utk komen positifnya kak :)
      Blog walking di artikel kakak done ya :D

      Hapus
  32. Kunjungan balik* Bagus tuh kak, pendidikan agama, ilmu pengetahuan, dan emosionalnya. Kasian yah foto itu, masa, anak-anak udah harus nyari duit+gendong anak. Pendidikan emang primer!!! Tapi kalo kakak jadi presiden jangan lupa memajukan bidang lainnya yah ;) kalo bidang pendidikan udah selesai!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang kak, miris rasanya, beruntunglah kita telah digariskan oleh Tuhan sbg orang-orang yg mendapatkan pendidikan secara formal, tak terbayang bagaimana rasanya jika kita berada di posisi anak-anak jalanan itu. Maka dari itu, kepedulian akan nasib anak-anak jalanan harus muncul, siapa lg yg akan memperhatikan mereka selain kita :(

      Tentu kak, jika kualitas pendidikan di negara kita sudah mumpuni, secara otomatis orang-orang cerdas yg tingkat kecerdasan IQ, EQ, dan SQnya telah seimbang, kelak akan membantu dalam rangka meningkatkan kesejahteraan bangsa dan negara kita di bidang lainnya,

      Hapus
  33. hai...gue kunjungan balik nih, mantapp kata-katanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, masa kak? Thanks ya utk komen positifnya :D

      Hapus
  34. kerennn, keep write, keep dream :)
    di tunggu juga ya di http://saungobby.blogspot.com/2013/08/andai-obby-jadi-presiden.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks kak utk komen positifnya :D
      Blog walking di artikel kakak done ya :)

      Hapus
  35. hmm betul tuh pendidikan emang penting bgt ya :D aku juga setuju..
    boleh berkunjung ke blog saya jg yak

    ehehe

    http://loescapest.wordpress.com/2013/08/15/berandai-andai-jadi-orang-nomer-satu-di-indonesia/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju ya kak? Karena pendidikan adalah unsur yg mampu menaungi segala hal yg menjadi faktor kemajuan negara kita :)
      Blog walking di artikel kakak done ya :D

      Hapus
  36. salam, tulisan kita punya kesamaan, Menempatkn pendidikan sebagai tombak perubahan,

    ini kunjungan prdana saya,

    jalan-jalan ke sini http://tikameliv.blogspot.com/2013/07/andai-aku-jadi-presiden.html

    saya tunggu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeaaah, ternyata banyak yg satu pandangan jg, banyak orang yg sadar akan pentingnya unsur pendidikan demi keberlangsungan kehidupan yg sejati. Thanks kak utk komen positifnya :D
      Kak itu urlnya url artikel aku, bkn yg kakak :(

      Hapus
  37. nice! ;)
    mampir ya ke blogku, " Kalo Presiden Seperti Aku " http://atfangooners.blogspot.com/2013/08/kalo-presiden-seperti-aku.html
    thx ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks kak utk komen positifnya :D
      Blog walking di artikel kakak done ya :)

      Hapus
  38. pendidikan, yes! :D

    http://arysthaa.blogspot.com/2013/08/menjadi-presiden-jika.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. YES!!! Hahaha.
      Thanks kak utk komen positifnya :)
      Blog walking di artikel kakak done ya :D

      Hapus
  39. Kerenn parah! Hormat gue..
    Main juga yaa
    http://jason-shakolf.blogspot.com/2013/08/presiden-dalam-perspektif-boyband.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks kak utk komen positifnya :)
      Blog walking di artikel kakak done ya :D

      Hapus
  40. Lebar postingannya bikin ganggunya bacanya... Jadi nggak nyaman... -_-

    Oya, kebanyakan kontestan, kenapa banyak bahas soal pendidikan yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya maaf kak jika kakak merasa kurang nyaman saat membaca postinganku. Pada dasarnya manusia diciptakan oleh Tuhan dgn kepribadian dan intelektual yg berbeda-beda, dilatarbelakangi oleh hal tersebut, sudah seyogianya jika gaya, pola pikir menulisku dan caraku mendesign blog tidak sama dgn org lain :)

      Perihal mengapa banyak kontestan yg membahas soal pendidikan? Realitanya kemajuan suatu bangsa dan negara tak akan mampu terwujud tanpa adanya dedikasi dari orang-orang terdidik, baik itu dari segi agama, ilmu pengetahuan, dan sbgnya. Seiring dgn berjalannya waktu, kini orang-orang yg sadar akan pentingnya unsur pendidikan sbg indikator kemajuan bangsa kian meningkat, hal itulah yg kiranya menjadi penyebab banyaknya kontentas yg membahas soal pendidikan.

      Hapus
  41. Hiburan aja koh . He he sinau.. nulis .....keren artikel kamu

    BalasHapus
  42. ini kunjungan balik saya :) artikelnya keren banget. pendidikan agama, pendidikan ilmu pengetahuan dan pendidikan karakter, kayaknya bagus untuk lebih dimatangkan di sistem pendidikan kita yang akan dtg :) jgan lupa folback blog kita juga yah :)

    BalasHapus
  43. nice artikel,, pendidikan adalah kunci kesuksesan suatu negara.

    visit my blog too,
    http://goresanpenakiki.blogspot.com/2013/08/jika-saya-seorang-presiden_4666.html

    BalasHapus